Senin, 31 Oktober 2011

Memunculkan Tanggal Expired Barang Di Reminder


Selamat Sore para pengguna Software Akuntansi Accurate,
memunculkan hitang piutang / minimun quantity barang adalah fitur umum dalam Accurate, namun taukah anda bahwa "Tanggal Expired" bisa juga dimunculkan dalam remainder?
berikut ini adalah tips dan diberikan implementor kami "Michael" :

Mungkin tidak semua perusahaan memerlukan fitur tanggal expired yang di sediakan oleh accurate 4, tapi bila perusahaan bergerak di bidang makanan dan minuman pasti bakal merasakan manfaat dari tanggal expired ini. Apabila perusahaansi minuman yang akan expired dalam 1 tahun apabila hanya kita hanya catat saja di excel atau kertas pasti akan lupa untuk produksi tanggal sekian dan expired tanggal sekian.

Cara pertama di List item, lalu klik 2x, di tab atas ada Umum, Penjualan/Pembelian, Akun-Akun, Kolom Lain, Kontrol Persediaan. Pilih Kontrol Persediaan, lalu centang di “Pakai No seri” lalu centang lagi di “Pakai Tanggal Kadaluarsa”.

Lalu kita mulai transaksi nya, Pada saat penerimaan barang pilih barang yang tadi di buat tanggal expired nya, missal ada penerimaan 50 Pcs botol minuman, tanggal terima hari ini,sedangkan tanggal expired 1 tahun kemudian. Pada saat isi Qty maka akan muncul kolom serial number tempat mengisi kode produksi dan tanggal expired. Setelah isi tanggal produksi ,maka perlu di isi juga tanggal expired nya di sebelah kanan atas.

Apabila stok minuman tersebut masi ada tersisa maka pada saat tanggal expired telah tiba,secara otomatis di reminder akan memunculkan barang dengan tanggal expired nya. Bagian Gidang akan dengan mudah mengetahui barang yang harus di pisahkan karena sudah mau expired dengan barang yang masih bagus.


Bayangkan mudahnya menjalankan bisnis jika Anda sudah menggunakan ACCURATE.
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
Maria K
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS :0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com

Rabu, 26 Oktober 2011

Cara Menginput Transaksi Pembelian Import & Bea Masuk Beserta PPN Importnya



A. Purchase Invoice
1. Activities - Purchase - Purchase Invoice.
2. Pilih Vendor yang sudah di set mata uang nya Mata Uang Asing,
    secara otomatis  ACCURATE akan  memunculkan informasi nilai tukar atau
    rate transaksi pembelian tsb, Silahkan tentukan nilai tukarnya,misal 9000.
    Lalu klik OK.
3. Isi Tab Item dengan barang-barang yang dibeli berikut informasi qty dan
    Unit Price dalam mata uang asing.
4. Misalkan pada pembelian dikenakan Bea masuk sebesar 100 dollar dan
    biaya angkut sebesar 200 dollar, maka masukkan nilai tsb pada bagian
    tab Expense. Klik kolom Account no, pilih account Bea Masuk&Biaya angkut.
5. Dikarenakan bea masuk & biaya angkut akan dimasukkan ke hpp barang
   dan ditagihkan ke Forwarder, maka beri tanda centang pada kolom
   Apply to Item dan Charge To Other Vendor. Kemudian lengkapi pada
   bagian Expenses are charge to vendor dengan pihak Forwarder.
   Save & Close. (Jika forwarder lebih dari satu,
   pilih disini dengan salah satu vendor Forwarder saja).

B. Purchase Invoice II (Tagihan dari Forwarder & PPn Import)
1. Buat tagihan yang kedua untuk pencatatan Hutang Bea Masuk, 
    Freight dan PPn Import. Activities - Purchase - Purchase Invoice.
2. Tentukan Vendor nya dengan memilih Vendor Forwarder dari
    tagihan yang pertama.
3. Isikan pada bagian tab item dengan item PPN masukan. Jika belum ada, 
    maka buat terlebih dahulu dari List – Items, klik New, Pilih tipe persediaan
    Non Inventory Part, No dan Nama item PPn Import missal nya. Kemudian
    pada bagian GL Account setting semua akunnya ke akun PPN masukan
4. Masukkan qty = 1, dan dibagian Unit Price sebesar nilai Dasar Pengenaan
    Pajak nya, nilai ini didapat dari (harga barang + bea masuk) x rate,
    jika Vendor Forwarder mata uang Rupiah. 
    Kemudian masukkan dibagian kolom Pajak(Tax) Kode Pajak nya.
5. Selanjutnya tekan enter sampai turun ke baris 2, masukkan item yg sama,
    dengan qty yang sama juga tetapi dengan Unit Price MINUS,
    dan Jangan dikenakan kode pajak. Agar nanti sisa nya adalah nilai PPn saja.
6. Selanjutnya masuk ke tab Expense,
    masukkan account Biaya angkut dan Bea Masuk.
    Catatan :
    Jika Forwarder lebih dari satu, silakan buat Faktur Pembelian berikutnya.
    Jadi misal Biaya Angkut 2jt, 1.5jt dari Vendor A, dan 500rb dari Vendor B,
    di Purchase Invoice I diatas, langsung 2jt dibagi Rate.
    Dan Di langkah Purchase Invoice II diatas, berarti dibagi menjadi 2 Faktur 
    dengan nilai masing-masing dalam Rupiah jika Vendor dalam rupiah.

Regads * Christopher
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
Maria K
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS :0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com

Selasa, 18 Oktober 2011

Berikut ini adalah kasus yang ditanyakan melalui email support accurate

Dear Implementor…..
Saya saat ini sedang mencoba memakai program Accurate 3, dan mempelajari apakah program accurate ini bisa mensupport perusahaan saya atau tidak, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan,
Akan tetapi  banyak permasalahan yang tidak sinkron dengan system sederhana excel yang saat ini kami gunakan, sekirannya team accurate bisa membantu kebingungan kami, sehingga membuat yakin, bahwa program accurate ini cocok untuk distributor seperti kami ini.
Adapun permasalahan yang timbul saat ini, adalah sebagai berikut :

1.       Bagaimana caranya membuat penetapan harga jual? biasanya kami buat dalam satuan Carton, kemudian kalau penjualannya pcs-pcs-an, apakah langsung dikalikan atau bagaimana ?
jawaban : 
Kalo menurut saya satuan stock barang kita gunakan yang Pcs – Pcs san, dikarenakan kita dapat menjual baik itu karton maupun satuan. Untuk penetapan harga jual satuan dapat di ketik di : List | Items | Ada fungsi multi unit, sehingga satuan yang kita gunakan Pcs, satuan ke 2 Karton | Sales information | Default Unit Price | Masukan harga jual Pcs. Nanti ketika penjualan karton accurate akan otomatis mengkalikannya sendiri.

2.       Quantity penjualan pada invoice, apakah tidak bisa disetting untuk penjualan carton dan pcs-pcs an ??? kalau bisa bagaimana caranya ???
Jawaban :
Pertama setting dulu multi satuan di : Setup | Preference | Feature | Multi Unit dicentang. Kemudian ke : List | Items | Inventory information; Unit […] | Setting satuan awal Pcs; satuan ke dua carton. Nanti di faktur ketika kita hendak mengentri transaksi di kolom pilihan barang ada pilihan satuan tinggal dipilih mau pcs / karton kalo nanti pilih karton secara stock berkurang sesuai dengan 1 karton = berapa pcs.

3.       Dalam penetapan harga jual, berlaku discount bertingkat, apakah invoice nya bisa disetting disc 1, disc 2 dan disc 3 ??? bagaimana caranya ????
jawaban :
O.K untuk kasus diskon hanya tersedia dua kolom di masing2 barang dan di total amount keseluruhan invoice jadi setting default nya hanya bisa satu di masing2 barang dan di masing-masing pelanggan untuk default diskon.

4.       Bagaimana caranya membuat desain faktur penjualan seperti  yang selama ini kami pakai ??? kalau melihat nya mudah, akan tetapi bisa gak lebih detail lagi tutorialnya ???
jawaban :
 Wah untuk kasus ini lebih enak di training langsung. Ini dipelajari berdasar sering utak atik tidak dapat hanya dengan kata2. Kalo dengan kata2 bisa jadi buku hehehe. Tergantung kasus apa yang mau disetting, Lebih specific? Thanks

Demikian jawaban yang dapat kami berikan.

Best Regards,
* Jonny Chrisman

Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
Maria K
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS :0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com

Jumat, 14 Oktober 2011

Maximize Your Income – Minimize Your Work


“Hari gini masih manual ?"
ACCURATE Accounting Software dapat membantu mengurangi pekerjaan administrasi dan keuangan Anda hingga 80%.
KINI SAATNYA Anda Mengalokasikan lebih banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk meningkatkan penjualan !!!

Apa yang bisa dilakukan ACCURATE untuk Anda ?
1. Mencetak faktur, nota penerimaan dan pengeluaran.
2. Menambah dan mengurangi stock barang langsung jika ada transaksi pembelian dan penjualan.
3. Meng-update hutang dan piutang, sekaligus kas/bank ketika menerima pembayaran dari pelanggan.
4. Membuat jurnal dari setiap transaksi yang terjadi, memposting ke buku besar masing-masing seketika.
5. Menyajikan laporan keuangan dalam hitungan detik.



Bayangkan mudahnya menjalankan bisnis jika Anda sudah menggunakan ACCURATE.
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
Maria K
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS :0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com
Template by : kendhin x-template.blogspot.com