Minggu, 14 Desember 2008

Melihat Laporan Stok dengan Tampilan Semua Satuan per Gudang di ACCURATE Accounting Software

Apa kabar, pengguna ACCURATE Accounting Software?
Kali ini saya kembali menyajikan Trik tentang penggunaan ACCURATE Accounting Software.

Ada salah seorang Customer ACCURATE menanyakan kepada saya via E-mail, “Apakah ada TRIK di ACCURATE untuk menampilkan laporan stok masing-masing gudang dari satuan terkecil sampai terbesar?”

Beliau merasa kesulitan jika laporan yang ditampilkan hanya dalam satuan terkecil saja, karena pertimbangannya adalah rasio untuk masing-masing item adalah tidak sama.
Hal ini akan menghambat saat stock opname, menurut Beliau.

Apakah Anda tahu TRIK-nya bagaimana?

TRIK-nya adalah :
1. Klik “Laporan/Reports”, klik “Gudang/Warehouse”, klik “Kuantitas Barang per Daftar
Gudang/Quantity Item by Warehouse List”
2. Di windows “Formasi Laporan/Report Format”, Anda pilih tanggal yang dikehendaki
3. Kemudian klik “Kustomisasi/Customize”, Beri tanda Centang (V) di kotak sebelah
kata-kata “Unit 2” dan “Unit 3”
4. Buanglah tanda centang (V) di kotak sebelah kata-kata “Biaya Rata-rata/Average
Cost”. Karena untuk keperluan Stok Opname, “Average Cost” tidak diperlukan.
5. Misalkan nama salah satu gudang Anda adalah “Centre”, beri tanda centang (V) di
kotak sebelah kata-kata “Centre (2)” dan “Centre (3)”.
6. Jika Anda mempunyai banyak gudang, disarankan Anda mencetak laporan tersebut per
gudang. Jadi buanglah tanda centang (V) di kotak gudang yang lain.
(Hal ini dilakukan bila Anda tidak mempunyai lembaran kertas yang sangat lebar)
7. Setelah itu Anda klik “OK”.
8. Akan muncul “Laporan Kuantitas Barang per Daftar Gudang/Quantity Item by Warehouse
List” lengkap dengan tiga satuan yang dimiliki oleh masing-masing barang.
9. Jangan kaget, bila Anda melihat di kolom “Kuantitas/Quantity”, nilainya tidak sama
dengan nilai di kolom “Centre”.
Karena selisihnya pasti ada di gudang yang lain.

Jika Anda ingin meng-edit kata “Kuantitas/Quantity”, inilah caranya :
a. klik icon “Modifikasi/Modify” di sebelah kiri atas.
b. Klik “Kustomisasi/Customize”, kemudian cari kata “Kuantitas/Quantity”
c. Jika sudah ketemu, sorotlah kata tersebut. Akan muncul icon bergambar
“Menulis Kertas” yang jika mouse didekatkan pada icon tersebut akan
muncul kata-kata “Ubah Judul Kolom/Edit Column Title”, kemudian klik.
d. Otomatis di kata “Kuantitas/Quantity“ tadi, akan muncul tanda “kursor” dan
silahkan Anda merubah kata tersebut menjadi “Total Kuantitas/Qty Total”
(misalkan), kemudian klik Enter.

Jika Anda mempunyai banyak gudang, Disarankan agar Anda mencetak laporan tadi per gudang.
Sehingga Anda lebih enak dalam membaca laporan dan melakukan stok opname per gudang.

Agar Anda lebih cepat menampilkan laporan tersebut diatas (tanpa selalu memberi tanda Centang di kotak sebelah kata-kata “Unit 2” dan “Unit 3”) silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
a. Saat tampil laporan Kuantitas Barang per Daftar Gudang, klik icon “Memorize” di
panel sebelah atas.
b. Isikan nama laporan : “Laporan Stok Gudang Centre” (misalkan), kemudian klik
“Simpan/Save”
c. Setiap kali Anda ingin melihat laporan Stok Gudang Centre tersebut, Anda tinggal
klik “Laporan Tersimpan/Memorized Reports“, kemudian klik “Laporan Stok Gudang
Centre”.
d. Pilih tanggal yang dikehendaki kemudian klik OK.

Perhatian: Anda harus membuat dulu Laporan Kuantitas Barang per Daftar Gudang untuk masing-masing Gudang, baru Anda bisa melakukan Proses “Memorized Reports”.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami Trik diatas, silahkan menghubungi saya via telepon, E-mail atau YM.

ACCURATE versi 3.4.0.1682

Jika Anda membutuhkan Program,Training atau implementasi Accurate, silahkan menghubungi saya
Maria Key
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS : 0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com

Trik Sederhana – Menyamarkan Rincian Item Grouping di Layar Form Faktur Penjualan di ACCURATE Accounting Software

Apa kabar, pengguna ACCURATE Accounting Software?
Kali ini saya kembali menyajikan trik tentang penggunaan ACCURATE Accounting Software.

Trik kali ini sangat Sederhana dan berbeda dengan trik-trik yang pernah saya buat.

Ada salah seorang Customer ACCURATE menanyakan kepada saya via E-mail, “Bagaimana Trik di ACCURATE supaya Rincian Item Grouping tidak muncul saat di layar form Faktur Penjualan ?”

Customer ini yang bergerak di usaha Catering, ternyata menggunakan Grouping untuk mencatat penjualan masakan.
Dan alasan pertanyaan Customer ini diatas adalah agar Resep/Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat suatu masakan tidak bocor ke pihak yang lain.(walaupun yang memasukkan transaksi tersebut adalah karyawannya sendiri).
Mereka juga tidak mau menggunakan modul Pembiayaan Pesanan atau Job Costing dikarenakan mereka merasa ribet dalam penggunaannya.

Di ACCURATE, walaupun kita sudah menghilangkan tanda centang di kotak “Cetak Barang di Faktur/Print Items on Invoice“, rincian item grouping tetap muncul di layar Form Faktur Penjualan/Sales Invoice.

Kalau begitu, bagaimana Trik-nya supaya Customer Catering itu bisa menyamarkan rincian Item Grouping suatu Masakan supaya resep masakannya tidak bocor ke pihak lain?
Anda tahu bagaimana Trik-nya?

Trik-nya sangat sederhana sekali dan hanya satu langkah saja, yaitu :
Ubah kode dan nama bahan-bahan masakan, baik bahan mentah (misalnya nasi, sayuran, dll) dan bahan pembantu (misalnya minyak goreng, kecap, bumbu, dll) dengan inisial atau singkatan saja.
Sehingga user/pihak lain tidak mengetahui secara pasti, apa nama bahan-bahan tersebut.

Itu saja Trik-nya untuk pertanyaan diatas.

ACCURATE versi 3.4.0.1682


Jika Anda membutuhkan Program,Training atau implementasi Accurate, silahkan menghubungi saya
Maria Key
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS : 0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com

Kamis, 11 Desember 2008

Mencatat dan Melihat Laporan Service per Nomor Polisi Setiap Kendaraan

Apa kabar, pengguna ACCURATE Accounting Software?
Kali ini saya kembali menyajikan trik tentang penggunaan ACCURATE Accounting Software.

Ada salah seorang Customer ACCURATE menanyakan kepada saya via telepon, “Bagaimana Trik di ACCURATE supaya saya bisa mengetahui service atau jasa apa saja yang telah diberikan untuk setiap nomor polisi kendaraan?”.

Customer ini yang bernama Bpk. Michael adalah pemilik dealer mobil yang baru saja menggunakan ACCURATE.
Usaha beliau selain menjual mobil juga menyediakan jasa service.
Dan Dia ingin mengetahui nomor polisi mobil sekian, telah diberikan jasa atau service apa saja.

Problemnya adalah :
1. Bpk. Michael tidak mau membuat nomor polisi di Kolom Reserved baik di Sales Order maupun di Sales Invoice. Alasannya adalah untuk meminimalisir kesalahan user dalam memasukkan nomor polisi kendaraan
2. Bpk. Michael juga tidak mau membuat nomor polisi kendaraan sebagai Customer. Alasannya adalah agar jumlah customer tidak bertambah banyak sekali.

Kalau begitu, bagaimana Trik-nya supaya Bpk. Michael bisa mengetahui service atau jasa yang telah diberikan untuk setiap nomor polisi kendaraan?
Anda tahu bagaimana Trik-nya?

Trik-nya adalah kita memanfaatkan kotak “Ship Via” baik di Sales Order maupun di Sales Invoice untuk mencatat no polisi kendaraan.
Oke, inilah caranya:

Tahap 1 : Buat rancangan form baru untuk Service di Sales Order dan di Sales Invoice
a. Klik “Persiapan/Setup“, “Rancangan Formulir/Form Template“, “Baru/New“, isikan
Nama Rancangan/Template Name dengan SO-Service (contohnya), dan pilih Tipe
Rancangan/Template Type = Pesanan Penjualan/Sales Order dan klik OK
b. Klik tab “Kepala Tambahan/Additional Header“, kemudian di kotak “Pengirim/Ship
Via“, isikan kata-kata “No. Polisi Kendaraan”, kemudian klik OK dan tutuplah
windows “Rancangan Formulir/Form Templates“
c. Lakukan hal tersebut diatas untuk Sales Invoice

Tahap 2 : Memasukkan Transaksi Service di Sales Order dan di Sales Invoice
a. Jika ada transaksi service, buatlah Sales Order dan masukkan nomor polisi
kendaraan (misalnya, B 0000 AA) di kotak No. Polisi Kendaraan.
Jika nomor polisi kendaraan itu baru, klik “Pengirim Baru/New Shipment“
b. Saat membuat Sales Invoice, pilih Sales Order yang bersangkutan.
Otomatis di kotak No Polisi Kendaraan di Sales Invoice, akan muncul “B 0000 AAA”

Tahap 3 : Melihat laporan service per nomor polisi kendaraan
Misalkan saja, kita ingin mengetahui service atau jasa apa saja yang telah diberikan untuk kendaraan yang bernomor polisi “B 0000 AAA”.
a. Klik “Laporan/Reports”, “Penjualan/Sales”, klik “Rincian Faktur Penjualan/Sales
Invoices List Detail”
b. Isikan periode tanggal yang dikehendaki
c. Klik “Kustomisasi/Customize”, cari kata “Pengiriman/Shipment”, kemudian sorot.
d. Akan muncul icon bergambar “Menulis Kertas” yang jika mouse didekatkan pada icon
tersebut akan muncul kata-kata “Ubah Judul Kolom/Edit Column Title”, kemudian
klik.
e. Otomatis di kata “Pengiriman/Shipment“ tadi, akan muncul tanda “kursor” dan
silahkan Anda merubah kata tersebut menjadi No. Polisi Kendaraan, kemudian klik
Enter.
f. Kemudian klik “Filters & Parameters”, klik “Filters”, otomatis kata-kata “No.
Polisi Kendaraan” akan dihighlight warna biru.
g. Anda tinggal memberi centang di kotak bagian tengah, no polisi kendaraan = B 0000
AAA, kemudian klik OK.
h. Program akan menampilkan laporan service apa saja yang telah diberikan untuk no
polisi kendaraan = B 0000 AAA.

Agar Anda lebih cepat menampilkan laporan tersebut diatas (tanpa mengutak-atik judul kolom “Pengiriman” menjadi “No. Polisi Kendaraan”) silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
a. Saat tampil laporan di Tahap no. 3, klik icon “Memorize” di panel sebelah atas.
b. Isikan nama laporan : “Laporan Service No. Polisi Kendaraan” (misalkan), kemudian
klik “Simpan/Save”.
c. Setiap kali Anda ingin melihat laporan tersebut, Anda tinggal klik “Laporan
Tersimpan/Memorized Reports“, kemudian klik “Laporan Service No. Polisi
Kendaraan”.
d. Pilih tanggal yang dikehendaki dan untuk menampilkan no polisi kendaraan tertentu,
klik “Filters”, sorot “No. Polisi Kendaraan” dan beri centang pada no. polisi
kendaraan yang dikehendaki, kemudian klik OK.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami Trik diatas, silahkan menghubungi saya via telepon, E-mail atau YM.

ACCURATE versi 3.4.0.1682


Jika Anda membutuhkan Program,Training atau implementasi Accurate, silahkan menghubungi saya
Maria Key
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS : 0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com

Rabu, 10 Desember 2008

Menampilkan User Name di form Faktur Penjualan

Apa kabar, pengguna ACCURATE Accounting Software?
Kali ini saya kembali menyajikan trik tentang penggunaan ACCURATE Accounting Software.

Ada salah seorang Customer ACCURATE menanyakan kepada saya via E-mail, “Bagaimana Menampilkan User Name di form Faktur Penjualan di ACCURATE?”.

Beliau ini ingin mengetahui siapa yang mencetak Faktur Penjualan tersebut.

Anda tahu bagaimana Trik-nya?

Inilah Trik-nya
1. Klik “Persiapan/Setup“, “Rancangan Formulir/Form Template“, sorot di Tipe
Rancangan/Template Type = “Faktur Penjualan/Sales Invoice”.
2. Sorot Form Faktur Penjualan/Sales Invoice yang mana yang Anda mau tampilkan User
Name, kemudian double-click.
3. Kemudian klik “Desain/Designer”
4. Klik icon yang bergambar kertas folio (yang jika mouse didekatkan pada icon
tersebut akan muncul tulisan “Insert Rectangle Object”).
5. Kemudian pindahkan ke dalam bagian form yang mau Anda munculkan kode “User Name”
6. Akan muncul windows “Text Editor”, klik icon nomor dua dari kiri, (yang jika mouse
didekatkan pada icon tersebut akan muncul tulisan “Insert Data Field”)
7. Akan muncul windows kecil “Insert data field”, sorot kata-kata “frmMain.qryUsers”
di kolom sebelah kiri.
8. Sorot kata-kata “USERNAME” di kolom sebelah kanan, kemudian klik tombol OK.
9. Kemudian klik tanda centang (V) di windows Text Editor.
10.Klik kotak “Close” di bagian atas dan klik kotak “Yes” di windows “Confirm”
11.Klik kotak “OK” di sebelah kanan.

Anda sudah bisa menampilkan User Name di form Faktur Penjualan dan User Name tersebut akan berisi User yang mencetak form tersebut.

ACCURATE versi 3.4.0.1682


Jika Anda membutuhkan Program,Training atau implementasi Accurate, silahkan menghubungi saya
Maria Key
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS : 0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com

Selasa, 09 Desember 2008

Mencatat Saldo Awal Piutang Customer Bersaldo Minus di ACCURATE

Apa kabar, pengguna ACCURATE Accounting Software?
Kali ini saya kembali menyajikan trik tentang penggunaan ACCURATE Accounting Software.

Ada salah seorang Sales ACCURATE yang mendapat pertanyaan tersebut dari customernya menanyakan kepada saya tentang “Bagaimana Mencatat Saldo Awal Piutang Customer Bersaldo Minus di ACCURATE?”.

Di ACCURATE, kita tidak bisa memasukkan nilai minus di saldo awal piutang di master Customer.
Namun, saya mempunyai Trik untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana Trik-nya?

1. Pertama kali, buatlah item baru dengan tipe item = non inventory part.
Isikan saja namanya adalah Opening Balance.
Untuk akun-nya, pilih saja akun Opening Balance Equity.
(Akun Opening Balance Equity ini otomatis akan muncul saat menggunakan ACCURATE
pertama kali)
2. Buatlah Faktur Penjualan/Sales Invoice untuk customer tersebut.
3. Setelah memasukkan no invoice, tgl invoice dan data-data lainnya, di bagian Item,
pilihlah item Opening Balance yang kita buat di nomor 1 diatas.
Isikan angka 1 di kolom Kts/Qty dan masukkan nilai minus di kolom Amount.
4. Kemudian simpanlah transaksi tersebut.
5. ACCURATE akan membuat jurnal untuk
transaksi tersebut, yaitu :
(Debet)Opening Balance Equity xxxxx
(Kredit) Account Receivable xxxxxx
6. Di laporan Piutang, Anda bisa melihat bahwa customer tersebut mempunyai piutang
yang bernilai minus.

ACCURATE versi 3.4.0.1682


Jika Anda membutuhkan Program,Training atau implementasi Accurate, silahkan menghubungi saya
Maria Key
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS : 0838 9947 9777
Email : accuratesoftware@ymail.com
Template by : kendhin x-template.blogspot.com